Rabu, 15 Mei 2013

Belajar VB (ListView Form Gaji Karyawan)


Untuk Membuat program gaji karyawan sobat semua bisa mencontoh program saya in.
nah berikut listingnya sob...

Public Class Form1
Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

buatTabel()
nik.Items.Add("001")
nik.Items.Add("002")
nik.Items.Add("003")
jabatan.Items.Add("Mandor")
jabatan.Items.Add("Kepala Bagian")
jabatan.Items.Add("Staf")
status.Items.Add("Menikah")
status.Items.Add("Tidak Menikah")
End Sub

Private Sub jabatan_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles jabatan.SelectedIndexChanged

Select Case jabatan.Text
Case "Mandor" : gaji.Text = 1750000
Case "Kepala Bagian" : gaji.Text = 2500000
Case "Staf" : gaji.Text = 1250000
End Select
pajak.Text = 0.15 * gaji.Text
End Sub

Private Sub nik_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles nik.SelectedIndexChanged

Select Case nik.Text
Case "001" : nama.Text = "Afrizal"
Case "002" : nama.Text = "Kiky"
Case "003" : nama.Text = "Dedi"
End Select
End Sub

Private Sub status_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles status.SelectedIndexChanged

Select Case status.Text
Case "Menikah" : tjkeluarga.Text = 0.15 * gaji.Text
Case "Tidak Menikah" : tjkeluarga.Text = 0
End Select
End Sub

Private Sub proses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles proses.Click

total.Text = Val(gaji.Text) + Val(tjkeluarga.Text) - Val(pajak.Text)
End Sub

Private Sub baru_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles baru.Click

nik.Text = ""
nama.Text = ""
jabatan.Text = ""
gaji.Text = ""
status.Text = ""
tjkeluarga.Text = ""
pajak.Text = ""
total.Text = ""

End Sub

Private Sub keluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles keluar.Click

End
End Sub

Sub buatTabel()
LV.Columns.Add("NIK", 80, HorizontalAlignment.Center)
LV.Columns.Add("NAMA", 100, HorizontalAlignment.Left)
LV.Columns.Add("JABATAN", 100, HorizontalAlignment.Left)
LV.Columns.Add("GAJI", 100, HorizontalAlignment.Left)
LV.Columns.Add("STATUS", 100, HorizontalAlignment.Left)
LV.Columns.Add("TUNJ KELUARGA", 100, HorizontalAlignment.Left)
LV.Columns.Add("PAJAK", 100, HorizontalAlignment.Left)
LV.Columns.Add("TOTAL GAJI", 100, HorizontalAlignment.Left)
LV.View = View.Details
LV.gridlines = True
LV.fullrowselect = True
End Sub

Sub isitabel()
Dim Lst As New ListViewItem
Lst.Text = nik.Text
Lst.SubItems.Add(nama.Text)
Lst.SubItems.Add(jabatan.Text)
Lst.SubItems.Add(gaji.Text)
Lst.SubItems.Add(status.Text)
Lst.SubItems.Add(tjkeluarga.Text)
Lst.SubItems.Add(pajak.Text)
Lst.SubItems.Add(total.Text)
LV.Items.Add(Lst)
End Sub


Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click

isitabel()
nik.Text = ""
nama.Text = ""
jabatan.Text = ""
gaji.Text = ""
status.Text = ""
tjkeluarga.Text = ""
pajak.Text = ""
total.Text = ""
End Sub

Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click LV.Items.Clear()

End Sub

Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click

LV.Items.Remove(LV.SelectedItems(0))
End Sub
End Class


Jika sudah selesai selanjutnya tinggal tekan "F5" maka programnya sudah dapat di jalankan..
jika benar maka tampilannya akan seperti ini




Mari Belajar Bahasa Pemograman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar